Manfaat Gula dalam Tubuh Manusia

Manfaat Gula dalam Tubuh Manusia

Gula menerima kesalahan karena banyak masalah kesehatan, tetapi tanpa itu, tubuh Anda akan berhenti berfungsi dengan baik. Gula alami, seperti yang ditemukan dalam buah, dan laktosa, atau gula susu, berasal dari sumber yang bermanfaat bagi diet Anda. Oleh karena itu manfaat gula sangat penting untuk Anda konsumsi.

Sukrosa, atau gula meja, adalah sumber utama gula di sebagian besar makanan Amerika. Ini terdiri dari satu molekul fruktosa dan satu molekul glukosa, sumber energi utama tubuh Anda. Tubuh Anda tidak dapat menyerap disakarida, atau molekul dua-gula, sebagaimana mestinya, sehingga harus terlebih dahulu memutuskan hubungan kimia yang menghubungkan dua gula. Anda bisa mendapatkannya di distributor gula pasir yang pastinya kualitasnya terbaik.

Enzim sucrase di usus kecil Anda membantu dengan pemecahan sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Ini memungkinkan tubuh Anda untuk menyerapnya, mengangkutnya ke hati untuk diproses dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Hormon insulin kemudian memfasilitasi penyerapan glukosa ke dalam sel, di mana ia dimetabolisme menjadi energi untuk digunakan segera.

Untuk menghemat bahan bakar, tubuh Anda menyimpan kelebihan glukosa yang tidak diperlukan untuk energi sebagai senyawa yang disebut glikogen. Melalui proses yang disebut glikogenesis, hati Anda menciptakan rantai glikogen hingga ratusan ribu molekul glukosa yang lama terhubung melalui ikatan kimia.

Tubuh Anda memecah glikogen menjadi unit glukosa tunggal untuk energi ketika sumber utama tidak tersedia. Ini biasanya terjadi selama waktu antara makan, di malam hari saat tidur dan selama latihan untuk mencegah tetes berbahaya dalam gula darah Anda. Gula sederhana, seperti gula meja, madu dan sirup, memetabolisme dengan cepat dan menyebabkan lonjakan cepat dan penurunan gula darah.

Karbohidrat kompleks, seperti yang ditemukan dalam biji-bijian, sayuran bertepung, roti dan sereal, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini menghasilkan kadar gula darah yang stabil dan energi yang berkelanjutan. Juga, karbohidrat kompleks cenderung menyediakan lebih banyak vitamin dan mineral daripada sumber gula sederhana.